BREAKING NEWS

AL-KABAIR (1) : Menyekutukan Allah

    Ikhwati dan akhwati sekalian yang semoga terus istiqomah dalam menjalani syariat islam, saati ini kita telah berada diakhir zaman lhoo… yang mana diakhir zaman ini pasti bermnculan amalan-amalan, fitnah-fitnah dan syubhat-syubhat yang terselubungi oleh istilah islam padahal hal itu nggak ada sama sekali tuntutannya dalam islam bahkan malah tergolong dari AL-KABAIR (Dosa-Dosa besar)… so kita akan membahas AL-KABAIR (Dosa-Dosa besar) ini BUKAN untuk melakukannya lhoo, tapi agar kita sebagai muslim yang taat kepada Allah dan Rosul-Nya terhindar dari DOSA-DOSA ini, seperti kata penyair arab 

عَرَفْتُ الشَرَّ لَا لِلشَرِّ وَلكِنْ لِتَوَقِّيْهِ  #  وَمَنْ لَا يَعْرِفُ الشَرَّ مِنْ الخَيْرِ يَقَعُ فِيْهِ

“ Saya mengetahui keburukan BUKAN untuk melakukannya akan tetapi agar TERHINDAR darinya, # dan orang yang tidak mengetahui tentang keburukan dari kebaikan makai a akan terjerumus kedalamnya “

AL-KABAIR :

Thoyyib (baiklah),sebelum kita bahas tentang AL-KABAIR (Dosa-Dosa besar) ini, tentunya kita  harus tau apa yang dimaksud dari AL-KABAIR (Dosa-Dosa besar);

Al-Kabair adalah semua larangan Allah dan Rosulullah yang tercantum didalam Al-Qur’an dan As-Sunnah (Hadits), serta atsar dari para salafus shalih. (Dosa-Dosa Besar oleh Imam Adz-Dzahabi hal 13).

Allah juga memberi kabar baik lho bagi orang yang terhindar dari Al-Kabair;

إِن تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُم مُّدْخَلًا كَرِيمًا

"Jika kalian menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (An-Nisa’ : 31)

Dan Rosulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh Rodhiyallahu ‘anhu :

"الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ، إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ". رواه مسلم.

“Sholat 5 waktu, Jum’at ke Jum’at, dan Romadhon ke Romadhon menghapuskan dosa-dosa diantara keduanya, apabila DOSA-DOSA BESAR telah dijauhi” [H.R. Muslim]

Thoyyib, dari dalil diatas kita tau bahwa kita diperintahkan untuk menjauhi AL-KABAIR, dan akan dapet ganjaran jika kita bias terjauhi dari AL-KABAIR.

AL-KABAIR PERTAMA

    Ikhwah dan Akhwat yang diberkahi Allah, langsung saja kita bahas AL-KABAIR yang terbesar, terbahaya akibatnya, terseram balasannya, terburuk, terbesar dosanya, tersakit siksanya, tersadis hukumannya, terlama azabnya, terlaknat pelakunya, terharam untuk dilakukan, yaitu

SYIRIK BESAR  (Menyekutukan ALLAH)
   Menjadikan sesuatu itu sebagai tandingan bagi Allah atau beribadah kepada selain-NYA, baik berupa batu, pohon, matahari,bulan, nabi, bintang, dan lain sebagainya.

إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء ومن يشرك بالله فقد افترى إثما عظيما
” Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. Q.S. An-Nisa  3  ayat 48

    Jika ada muslim melakukan hal ini (beribadah kepada selain Allah) seperti berkurban atas nama Laut, Sedekah Bumi, menyembah Kuburan, meminta rejeki kepada mayit, meminta perlindungan kepada jimat, menyembah matahari atau bulan, membuat sesajen untuk pohon yang dikeramatkan, dan ibadah-ibadah lainnya kepada selain Allah, maka orang yang melakukan ini telah melakukan sebuah kesalahan dan dosa yang besar yang akibatnya dapat KELUAR dari agama Islam.

    Balasannya di akhirat untuk pelaku syirik ini pun sangat buruk, sebagaimana yang Allah firmankan dalam Surat Al-Maidah :72 yaitu di-HARAM-kan baginya surge dan ditempatkan diNERAKA apa bila ia meninggal dalam keadaan SYIRIK .

  Maka, JANGAN sekali-kali kita MENCOBA untuk MENYEKUTUKAN ALLAH karena dosanya sangatlah besar, kita tau kalau bahwa azab neraka yang paling kecil adalah dipanaskan kaki namun otak mendidih, lantas bagaimana dengan azab orang yang berbuat SYIRIK padalah SYIRIK adalah salah satu dari AL-KABAIR (Dosa-Dosa besar) ???

  Semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu taat kepada Allah dan Rosulnya kemudian dimasukkan kedalam surganya Allah, serta semoga kita dijauhkan dari perbuatan SYIRIK dan dari api neraka.
Aamiiin yaa robbal ‘aalamiin.

Penulis : Admin
Daftar Pustaka : Kitab Al-Kabair oleh Adz-Dzahabi Hal 31-18

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih