BREAKING NEWS

BERBUKANYA JANGAN KELAMAAN...

Berbuka adalah moment atau waktu yang paling ditunggu saat kita menjalankan ibadah puasa, mana ada orang yang nggak senang dengar adzan Maghrib berkumandang. 

Namun ada beberapa orang yang terlalu santai dan berkata : “ntar dulu nih masih kuat nanggung kerjaan belum selesai” atau dengan alasan-alasan lainnya. Padahal justru sikap sok kuat ini malah yang salah dan tidak sesuai dengan sunnah Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana apa yang disabdakan beliau dalam hadits dibawah ini.


وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ  مُتَّفَقٌ عَلَيْه

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).
Tu, dalilnya sangat jelas bahwa sunnahnya adalah menyegerakan berbuka, dalam Kitab Fathul Bari juga sudah dijelaskan lho oleh Syekh Abdul Rozaq

 كَانَ أَصْحَاب مُحَمَّد صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَسْرَعَ النَّاسِ ، إِفْطَارًا وَأَبْطَأَهُمْ سُحُورًا

“Sahabat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling cepat dalam berbuka puasa dan paling lambat dalam makan sahur”.

Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan hafizhohullah berkata, “Hendaklah setiap muslim bersemangat mengamalkan sunnah ini, yaitu menyegerakan waktu berbuka. Ini bisa melakukannya dengan cara menyibukkan diri di sore hari dengan membaca Al Qur’an, berdzikir dan berdo’a. Janganlah pada saat itu ia keluar dari rumahnya kecuali dalam hal penting saja sehingga ia tidak luput dari banyak kebaikan. Jangan sampai ketika muadzin menyuarakan adzan sedangkan ia berada di jalan menuju rumahnya lalu luput darinya waktu berdo’a saat berbuka dan luput pula sunnah menyegerakan berbuka, wallahul musta’an.” (Minhatul ‘Allam, 5: 28).

Nah, sekarang sudah pahamkan apa yang dilakukan ketika adzan maghrib berkumandang ? jadi "BERBUKANYA JANGAN KELAMAAN, LANGSUNG KETIKA ADZAN” oke..

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih