BREAKING NEWS

AL-'ALIIM - Bag.1 - Bisakah Kita Bersembunyi Dari-NYA ?

Suatu ketika kita bersembunyi di suatu tempat yang sangat sepi dan melakukan suatu hal di sana. Kita melihat ke atas, kanan, dan kiri, tak ada yang menyaksikan apa yang kita perbuat. Lalu kita melanjutkan untuk melakukan apa yang kita kerjakan tadi. Apakah benar, tidak ada yang menyaksikan apa yang kita lakukan tersebut? Yakinkah kita? 

Sebenarnya tidak begitu. Saat kita bersembunyi sekalipun lalu melakukan sebuah perbuatan. Maka, tetap ada yang menyaksikan apa yang kita kerjakan itu. Dialah Allah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada dan terjadi di langit dan bumi. Tak ada satupun yang luput dari pengetahuan-Nya. Allah mengetahui secara mendetail tentang apa saja yang ada di langit dan bumi. 

Salah satu dari Nama Allah adalah Al-'Aliim; Yang Maha Mengetahui. Tak ada suatu apapun yang luput dari pengetahuan-Nya. Apapun yang berlaku di dunia ini, hal-hal yang tersembunyi maupun hal-hal yang tampak, semuanya Allah Yang Maha Mengetahuinya. 

Banyak sekali ayat yang ada dalam Al Qur'an yang menunjukkan sifat Allah ini. Begitu juga hadits-hadits shahih yang menyebutkannya. 
Bahkan, apa yang diketahui oleh makhluk pada dasarnya adalah pengetahuan yang Allah ajarkan pada makhluk tersebut. Sebenarnya para makhluk tak mengetahui apapun di dunia ini kecuali apa yang telah Allah ajarkan kepadanya. 

Mengenai hal ini Allah berfirman, 

وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلَاءِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ


Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا  إِنَّكَ أَنتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ


Mereka menjawab: ‘Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." QS. Al-Baqarah: 31- 32)

Ayat ini menunjukkan bagaimana para malaikat menjawab ketika mereka diminta oleh Allah untuk menyebutkan nama-nama benda yang Allah ajarkan kepada Nabi Adam. Maka para malaikat mengatakan bahwasanya mereka tidaklah mengetahui kecuali apa yang telah Allah ajarkan kepada mereka . Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. 

Selain itu kita juga bisa belajar dari para malaikat, bahwasanya mereka menjawab dengan apa yang mereka ketahui saja. Sedangkan jika mereka tidak mengetahuinya, maka mereka tidaklah menjawabnya. 

Dalam ayat yang lain, Allah juga berfirman, 

عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ

"Yang mengetahui semua yang gaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi." (QS. Ar-Ra’d: 9)

Ayat ini juga menunjukkan bahwasanya Allah mengetahui apa yang ghoib maupun apa yang dzahir dan nampak, tak ada satupun yang luput dari pengetahuan-Nya. 


bersambung ....


Share this:

2 komentar :

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih