BREAKING NEWS

Khusyu dalam Melaksanakan Sholat


Sebagai umat muslim, kita harus menjaga sholat wajib lima waktu dalam sehari. Jika kewajiban ini senantiasa kita pelihara, insyaallah kita akan terhindar dari perbuatan buruk dan munkar. Sebagaimana surat Al-Ankabuut ayat 49

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar”


Ayat tersebut menerangkan bahwa memelihara sholat bertujuan untuk mendapatkan kebaikan dan mencegah keburukan, kemungkaran bahkan kekejian.


Sholat dapat memberikan dampak seperti itu juka dikerjakan dengan sempurna. Dalam artian sesuai dengan adab sholat yang baik salah satunya ialah kekhusyukan.


  • BACA : Jangan Umbar Aurat Kalian Wahai Muslimah. Bag. 1

  • Diriwayatkan dari Basyar bin al-Harits dalam riwayat Abu Thalib al-Makki dari Sufyan ats-Tsauri dituliskan “Barangsiapa tidak khusyu maka shalatnya rusak.”


    Dari hadist tersebut diketahui bahwa kedudukan khusyu dalam sholat sangatlah penting. Dalam menjalankan sholat bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban namun juga harus dijalankan secara khusyu dan khidmat. Pusatkan konsentrasi dan fokus hanya untuk beribadah kepada Allah SWT semata.


    Ibadah merupakan sarana penghubung batin antara sesorang dengan Allah SWT. Sholat merupakan jalan pertemuan batin antara seorang hamba dan Allah . Dengan sholat, sesorang akan merasakan kedekatan dan ketenangan jiwa. Sholat juga merupakan tanda syukur atas nikmat dan karunia yang selama ini diberikan Tuhan. Hal ini menjadikan sholat dan khusyu merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan.




    Manusia adalah mahluk yang tidak bisa dipisahkan dari khilaf dan dosa. Salah satunya ialah melaksanakan sholat secepat kilat. Memang, sulit bagi manusia untuk memurnikan hati, pikiran dan fokus dari awal sholat sampai akhir namun bukan berarti tidak bisa.


    Dalam menjalankan sholat agar bisa khusyu dan fokus, lihatlah kedalam hati dan yakinlah bahwa Allah SWT mengawasimu ketika sholat. Buatlah suasana yang kondusif tanpa ada gangguan suara dan kebisingan.

    Sholatlah seolah-olah ini adalah sholat terakhirmu. Sholatlah seolah-olah malaikat maut telah datang menjemputmu. (sakina/sidoarjo)


    Share this:

    Posting Komentar

     
    Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih