BREAKING NEWS

CARA INI DAPAT ATASI EKONOMI UMAT ISLAM


CARA INI DAPAT ATASI EKONOMI UMAT ISLAM


الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ،  أما بعد،
قالوا سبحانك لاعلم لنا الا ماعلمتنا انك انت العليم الحكيم، قال الله تعالى في القرآن الكريم وهو أصدق القائلين :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : "اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ اْلحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ."

KHUTBAH 1

💕Hadirin sidang jumah yang mulia
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wata’ala. Allah memberi kita banyak nikmat karunia, rahmat taufik hidayah, nikmat sehat panjang umur dalam taat ibadah kepada Allah siang ini, di hari jumah memberi kesempatan kita untuk bersimpuh, di tempat yang paling mulia di muka bumi ini. Di masjid yang Allah Subhanahu wata’ala, untuk melaksanakan kewajiban kita sholat jumat berjamaah, semoga rangkaian ibadah yang kita lakukan,  di mulai malam jumat tadi , pagi sampai saat ini yang kita kerjakan yang kita lakukan, semoga seluruhnya  menjadi amal ibadah kita yang diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala. Semoga apa yang kita niatkan taat ibadah, seluruhnya  selalu mendapatkan bumbingan Allah Subhanahu wata’ala. Semoga kita berharap saat kita bertemu dengan allah iman dan islam kita mendapatkan ridho dari Allah Subhanahu wata’ala sehingga tercatat kita orang yang mendapatkan predikat khusus husnul khotimah aammiinn yaa robbal 'alamiin.

Selanjutnya sholawat serta salam selalu terlimpah curahkan keharibaan alam, baginda nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam, seorang nabi yang begitu amat cinta kepada umat. Seorang nabi panutan Qudwah uswah khasanah allah sampaikan ketengannya dalam al-qur'an :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

"sungguh ada dalam diri nabi muhammad suri tauladan yang baik.” [Surat Al-Ahzab : 21], 

Yang wajib kita contoh dalam hidup dan kehidupan kita, suroh (penampilan), siroh (sejarah), mu'asyaroh (pergaulan), mu'amalah beliau wajib kita ikuti, ag ar kita selalu selamat di dunia dan di akhirat. Dalam sabda H.R Bukhori muslim beliau katakan:

كل أمتي يدخلون الجنة إلا من أبى»، قالوا: يا رسول الله، ومن يأبى؟ قال: «من أطاعني دخل الجنة ، ومن عصاني فقد أبى

 "Aku pastikan seluruh ummatku masuk kedalam syurga , kecuali mereka yang menolak, enggan mendapatkan jaminan dari aku, sontak sahabat terkejut ketika nabi mengatakan ada orang yang menolak ajakan masuk syurga jaminan langsung dari baginda rosulullah , apa mungkin ada yang menolak jaminan dari engkau dijamin oleh baginda rosulullah masuk syurga tapi orang tersebut menolak siapakah gerangan itu ya rosulullah ?. Siapakah orangnya ? Nabi menjawab "siapa yang taat kepada aku , taat seluruh yang nabi lakukan mu'amalah , mu'asyaroh kehidupan - kehidupan , sunah-sunah beliau harus kita jalankan harus kita ikuti, itulah yang aku jamin orang yang akan masuk syurga . Siapa yang maksiat , enggan, jauh , tak kenal sunnah maka dialah yang menolak jaminan masuk syurga, bahkan bersama-sama dengan aku.”

 Semoga kita Berharap kita menjadi bagian ummat beliau, yang menghidupkan sunah-sunah beliau dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga kita mendapatkan pertolongan besar, di yaumil kiyamah nanti aammiinn yaa robbal 'alamiin


💕Hadirin sidang jumah yang dimuliakan Allah Subhanahu wata’ala,

Pesan dan wasiat taqwa , khotib sampaikan di mimbar pada kesempatan yang mulia ini . Agar terus selalu bersemayam dalam hati dan sanubari , karena modal inilah yang akan menyelamatkan kita , yang akan membahagiakan hidup kita.

وتزودوا فإن خير الزاد التقوى

"dan berbekallah kalian, karena sesungguhnyasebaik-baik bekal adalah taqwa” [Surat Al-Baqoroh : 197]

baik hidup didunia baik hidup diakhirat . Kecuali iman , taqwa, islam kita bersemayam dalam hati dan sanubari kita. Allah sampaikan dalam al-qur'an :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

 "siapa-siapa yang beramal sholeh baik laki-laki atau perempuan beriman kepada allah dia bertaqwa kepada allah, maka jaminan pasti kami akan berikan kehidupan yang terbaik” [Surat An-Nahl : 97]

baik didunia terlebih kehidupan hakiki yaitu di syurganya Allah Subhanahu wata’ala.


💕Hadirin yang berbahagia,

Tema kali ini kita angkat bagaimana menghidupkan baitulmaal, seperti yang dicontohkan 15 abad yang lalu oleh rosulullah dan sahabat-sahabat beliau. Karena kekuatan yang ada dalam islam adalah ekonomi ,bagaimana dahulu nabi kita mencontohkan berdagang , bagaimana ekonomi islam saat itu berkembang, dan sejarah mencatat bahwa nabi kita Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam, adalah tokoh sukses yang membina ummat 23 tahun 10 tahun dimulai dengan tauhid oleh baginda rosulullah , sisanya 13 tahun adalah bagaimana rosulullah katakan :

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي

“Sebaik-baik generasi adalah generasiku”

Sukses nabi memimpin para sahabat-sahabat , yang berhasil menjadi ekonom-ekonom yang berhasil membina ummat. Dan dahulu baitullmal di zaman rosulullah sangat hidup, tidak ada satupun yang tercatat orang miskin di zaman rosulullah , kalaupun ada jumlahnya sedikit dan bisa ditanggulangi  karena hidup baitulmal-nya. Dan kita bisa dengar dan kita baca sejarah bagaimana dizaman baginda rosulullah di zaman Abu bakar ashiddiq , di zaman sahabat umar bin khotob, dizaman  sahabat usman bin affan mereka sukses menghidupkan ekonomi-ekonomi ummat.


Kita bisa baca dan kita bisa dengar sejarah bangaimana para masyaikh kita mencaritakan dizaman sahabat Umar bin Khotob tidak ada satu orang miskinpun saat itu . Bahkan suatu ketika , ketika beliau kesuatu desa diluar kota madinah , tidak didalam . Jauh memang beliau dapati orang itu miskin tapi dapat diselesaikan kemiskinannya saat itu juga, kita saat terdengar suara tangisan bayi di malam hari sahabat umar dengan sahabat beliau kemudian suara tangisan itu terdengar dari satu rumah , sahabat umar bertanya "apakah saya boleh masuk kedalam ?. Dan sahabat umar masuk kedalam, dan dia jumpai ad Seorang ibu yang sedang memasak, padahal bukan memasak nasi , bukan masak jagung, bukan masak lauk, tapi air putih yang di dalamnya ada batu. Apa yang terjadi dengan masakan ini, kata ibu tadi "aku menenangkan anakku yang merengek-rengek minta makan , bagaimana ibu tersebut menceritakan bagaimana ke dzoliman seorang amir mukminin Umar bin Khotob , padahal dia sedang berbicara langsung dengan sahabat Umar bin Khotob.


Apa yang terjadi sahabat umar katakan "baik tunggu disini" sahabat umar kembali mengambil baitullmal , keperluan-keperluan umat pada saat itu . Artinya memang pada zaman sahabat Umar bin Khotob tersebut baitullmal ini sudah hidup menjadi bagian penting dari ekonomi-ekonomi umat islam , Kita jauhkan ummat Islam pada riba , kita jauhkan pada renternir, yang akhirnya oleh riba oleh renternir itu hidup kita mengalami kepahitan, bahkan tidak hanya di dunia tapi mendapatkan azab yang berat nanti di akhirat naudzubillah tsumma naudzubillah .

💕Hadirin  yang dimuliakan Allah Subhanahu wata’ala,

Berangkat dari situlah di tempat yang paling mulia ini dan dahulu nabi kita muhammad beserta para orang  sahabatnya mengumpulkan mengumpulkan orang-orang kaya pada saat itu ,  untuk membicarakan ekonomi-ekonomi ini. Agar seluruh umat islam benar-benar sejahtera hidupnya dahulu para sahabat bukan orang miskin. Mereka orang kaya raya , siapakah sahabat Abu Bakar As-shiddiq ? traveling orang yang suka keluar kota,  semua tempat saudara Abu bakar datangi , siapakah sahabat Umar bin khotob ? Orang kaya , siapakah sahabat Usman bin Affan ? Dia juga orang kaya raya, sahabat abdurrahman bin auf saat dia minta miskin oleh allah bukan lagi kemiskinan yang didapat tetapi kekayaan yang berlimpah ruah, dan kita kenal bagaimana Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam beliau adalah seorang yang kaya raya , yang memiliki istri yang kaya raya, siapakah istri beliau yang bernama khodijah rodiallahu annha , wanita kaya raya sepertiga kekayaan mekkah dimiliki oleh  istri beliau yang bernama khodijah. Ini artinya memang islam jaman dahulu memang kuat , karena baitulmal - baitulmal disaat itu dihidupkan oleh baginda rosulullah dan para sahabat-sahabatnya.


Karena itulah kita berharap di tempat ini semoga ekonomi-ekonomi kita benar-benar diberikan kehalal-an oleh Allah Subhanahu wata’ala, sehingga bimbingan-bimbingan oleh Allah Subhanahu wata’ala keberkahan-keberkahan akan turun kepada kita. Dimulai kita memperbaiki hubungan kita kepada Allah Subhanahu wata’ala, perbaiki sholat kita di mesjid berjamaah, setelah kita menghidupkan masjid sholat berjamaah tepat pada waktunya, setelah itu ekonomi akan kita bicarakan dari hati ke hati. Karena dari situlah orang yang memperbaiki hubungannya kepada allah , insyaAllah ia akan diberikan keberkahan-keberkahan dalam hidupnya .


Satu Kemulian orang yang menjaga solat nya berjamaah tepat waktu dimasjid kemuliaan yang pertama adalah ia akan diberikan rizky yang halal , rizky yang halal ini luarbiasa maknanya, karena bukan hanya bentuknya harta , bukan hanya bentuknya uang , bukan hanya bentuknya finansial, tapi bisa jadi rizky dari yang halal ini. Allah akan mempermudah jalan mendapatkannya , mendapatkannya dengan mudah, mendapatkannya dengan halal . Allah  kasih dia usaha-usaha yang berkah, allah kasih dia bisnis-bisnis yang berkah, ini janji dari nabi kita muhammad :

من أكل الحلال أطاعت جوارحه شاء أم أبى ومن أكل الحرام عصت جوارحه شاء أم أبى

"Barang siapa yang didalam dirinya terdapat makanan yang halal maka dirinya akan melakukan ketaatan mau atau tidak mau, dan barang siapa yang didalam tubuhnya terdapat makanan yang haram dia akan melakukan kemaksiatan mau atau tidak mau" (HR. Muslim)

Akan ringan langkah kakinya ketempat-tempat kebaikan, akan ringan langkahnya mencari uang dengan uang yang halal mencari rizky yang halal, dengan bisnis yang halal inilah janji nabi kita muhammad , siapa yang mencari rizky yang haram allah tidak suka, allah marah dan yang dia lakukan hanya cara-caranya yang salah maka kata nabi :

عصت جوارحه شاء أم أبى

"tubuhnya akan maksiat kepada allah suka mupun tidak suka”  

berat langkah kakinya ke masjid , berat hartanya keluar untuk sedekah, berat diajak ke hal-hal yang halal , karena bisa jadi cara dia melakukan dan mencari rizky dengan cara yang mendapatkan azab , mendapatkan murka dari Allah Subhanahu wata’ala.


 💕Hadirin yang dimuliakan Allah Subhanahu wata’ala,

Dari sinilah kita merenung bagaimana uswah dan qudwah hanasah kita mencontohkan agar kita, selamat kita mengarungi kehidupan ini benar-benar dibimbing oleh allah melalui baginda Rosulullah Shallallahu’alaihi wasallam. Karena apa yang dilakukan oleh nabi kalau kita hidupkan maka akan ada berkah disitu, Rasulullah bersabda :

ومن أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة

Artinya: “Barang siapa yang menghidupkan sunnahku maka berarti dia cinta kepadaku, dan barangsiapa yang cinta kepadaku, maka dia akan bersamaku di surga.” (HR At-Tirmidzi, berkata hadits ini Hasan)

sudah pasti orang yang mencintai seseorang akan terus melihat bagaimana perlakukan nya ,bagaimana kehidupannya, bagaimana tatacaranya dia mencari rizky , bagaimana kehidupannya bermu'asyaroh , bermuamalah, karena kehidupan yang dilakukan oleh baginda rosulullah ini , benar-benar dibimbing oleh Allah Subhanahu wata’ala.


 💕Hadirin yang dimuliakan Allah Subhanahu wata’ala,

Semoga kita berharap menjadi bagian orang-orang yang mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wata’ala, mari kita mulai dengan mencari rizky yang halal , mencari bisnis yang baik kita titipkan di baitul-baitulmal agar rizky kita diberikan keberkahan oleh Allah Subhanahu wata’ala, semoga khutbah yang singkat ini mendapat dihati kita memiliki ilmu yang bermanfaat, ilmu yang dapat membimbing kita selamat didunia , selamat di akhirat.

KHUTBAH 2 DOA


link download file khutbah

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih