BREAKING NEWS

Hukuman Sengaja Meninggalkan Puasa Romadhon Bag. 2

Hukuman Sengaja Meninggalkan Puasa Romadhon Bag. 2

Abu Hurairah Radhiallahu'anhu. juga pernah meriwayatkan hadis Nabi Shalallahu 'alaih iwasallam, beliau bersabda,
مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ رُخْصَةٍ رَخَّصَهَا اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَقْضِ عَنْهُ صِيَامُ الدَّهْرِ رواه احمد
Siapa yang berbuka/tidak puasa satu hari dari bulan Ramadhan tanpa adanya rukhsah yang telah ditetapkan oleh Allah subhanhuwata'ala., maka puasanya selama setahun tidak dapat menggantikannya. (H.R. Ahmad).
Sebagai satu dari lima rukun Islam menjadikan ibadah puasa begitu diwajibkan, dan juga dimuliakan. Apabila seseorang dengan sengaja berbuka sebelum waktunya, maka tidak akan diampuni dosanya. Bisa dibayangkan betapa seramnya tatkala Allah melaknat hamba-Nya yang berdusta.
Dan perlu diketahui bahwasanya batalnya puasa yang dengan disengaja tidak hanya lantaran makan dan minum. Jima’ atau bersetubuh di siang hari juga membuat seorang mukmin tidak berpuasa dengan sengaja. Oleh karenanya dia wajib menqadha puasanya dan juga membayar kafarat. Atau bisa juga dengan berpuasa penuh selama dua bulan berturut-turut.
Berat bukan? Jadi kenapa kita harus tidak berpuasa di Bulan romadhon tanpa alasan yang jelas? Dibandingkan dengan ancaman atau hukuman yang diterima saat kita meninggalkan puasa romadhon, tentu akan lebih ringan saat kita menjalankan puasa. Seandainya fisik kita tidak mampu menjalankan ibadah wajib ini, kita pun diwajibkan untuk membayar fidyah.
Selain dijauhkan dari siksa api neraka, dengan berpuasa romadhoan sebulan penuh  kita justru akan mendapatkan pahala yang melimpah ruah. Allah pun telah menjanjikan pahala amalan di Bulan romadhon 1000 kali lipat daripada bulan-bulan lainnya. Itulah kenapa romadhon menjadi bulan suci nan mulia.
Pahala melimpah kesehatan berkah akan dirasakan oleh insan yang berpuasa di bulan suci Romadhon. Jadi mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan saat bulan suci itu tiba. Semoga kita menjadi orang beruntung dengan berjumpa kembali di bulan suci mulia. Aamiin. (Rina/Magelang)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih