BREAKING NEWS

Jangan Menunggu Tua untuk Menegakkan Sholat


Jangan Menunggu Tua untuk Menegakkan Sholat

Seringkali kita menemukan orang-orang yang kurang memperhatikan perihal sholat adalah mereka yang berada di usia muda dan sebenarnya masih mampu melangkahkan kakinya menuju masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah di sana.

Mungkin, beberapa kali kita mendengar apa yang mereka ucapkan, "Masih muda gini, nanti aja kalau udah tua ke masjidnya." Hal yang seperti ini tidaklah benar. Karena seharusnya, anak muda adalah mereka yang memakmurkan masjid dan aktif di sana. Hanya saja, terkadang anak muda terlalu menggampangkan perkara sholat. Maka tak heran, jikalau yang kita dapati rajin pergi ke masjid adalah mereka yang sudah berusia lanjut.

Selagi masih muda, kita haruslah memaksimalkan semua yang kita miliki untuk mendekatkan diri kita pada Allah. Dengan memperbanyak ibadah kita pada-Nya. Selagi tenaga yang kita miliki masihlah banyak, itulah waktu yang tepat untuk menjalankan apa saja yang menjadi kewajiban kita dan juga menambahnya dengan ibadah-ibadah nafilah yang disunnahkan.




Jika kita mau membaca kembali lembaran kitab suci, akan kita dapati bahwasanya orang yang telah meninggal juga meminta pada Allah untuk dikembalikan ke dunia agar bisa memperbanyak amal sholihnya. Namun, hal ini sudah tak bisa lagi.

Selagi kita masih hidup di dunia ini, manfaatkanlah sebaik-baiknya kesempatan yang masih muda ini. Karena kelak, masa muda kita ini akan ditanyakan,

"Untuk apa kauhabiskan masa mudamu?"
Jika sudah demikian, apa jawaban yang bisa kita berikan?

Mengenai hal ini, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu)."
(HR. At-Tirmidzi, Lihat Ash-Shahihah no. 946)

Masa muda tidak bisa kembali lagi. Seorang penyair pernah mengatakan, 

"Alaa laitasysyabaabu ya'uudu yauman. Seandainya masa muda bisa kembali," begitu ucapnya.

Mari dirikan sholat kita, jangan ditunda-tunda lagi sampai menunggu usia senja. Beribadahlah mulai dari belia, hingga usia senja datang. Jangan menunggu sampai usia senja baru beribadah dengan sungguh-sungguh.

Mari manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya. (Ahmad/Salatiga)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih