BREAKING NEWS

Jangan Panik !!! Wabah Corona Akan Sirna Dengan Bersabar. Bag. 1


Pandemic corona menjadi momok bagi masyarakat dunia khususnya umat muslim. Pasalnya virus corona atau covid-19 ini selain menyebabkan kematian juga berdampak pada peribadatan umat muslim. Seperti halnya tidak boleh sholat di masjid, tidak boleh bersalaman, dan mirisnya tidak boleh mengadakan sholat jumat.


Meski masyarakat dunia tahu, bahwa semua itu demi kebaikan diri sendiri dan lainnya demi memutuskan tali rantai penyebaran virus corona. Tentu saja ini merupakan sebuah tamparan menyakitkan bagi umat muslim. Ada apakah gerangan? Kenapa Allah hingga menurunkan suatu penyakit kepada seluruh umatnya baik yang bertaqwa atau tidak? Hikmah apa yang hendak Engkau berikan kepada umatMu?


Virus corona makin hari makin meresahkan, kasus kematian dan pengidap positif corona semakin bertambah setiap harinya. Virus yang bentuknya tak dapat dipandang secara kasat mata ini menyerang system imunitas manusia. Meski dunia kedokteran teknologinya tinggi, tapi kenapa makin hari justru kasus semakin bertambah?

Penyakit yang menyerang system  imun ini semoga tidak ikut menyerang system iman. Diantaranya kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan dan justru membuat enggan untuk beribadah. Tuhan memberikan cobaan untuk menguji tingkat kesabaran umatNya. Karena sesungguhnya dibalik musibah pasti jalan keluarnya. Dan percayalah Allah tidak akan menurunkan suatu musibah diatas kemampuan hambanya.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman,

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Artinya: "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscahya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."(QS. At-Tagabun : 11).

Kepanikan dan ketakutan membuat banyak orang lupa bahwa musibah terjadi atas kehendak Allah Ta'ala. Dan dengan pasrah atau kembali ke Allah, hati kita menjadi tenang. Musibah covid-19 atau semacamnya diturunkan untuk menjadikan sebagai peringatan dini dari Allah Subhanahu Wata'ala, bahwa sesungguhnya manusia tidak berdaya tanpa perlindunganNya.


Tatkala kita lupa diri akan keagungan dan kebesaran Allah, saat itulah setan tertawa bahagia. Wabah corona terjadi atas kehendak Allah, dan akan sirna atau sembuh atas Kehendak Allah pula. Manusia hanya senantiasa menjalankan apa yang telah Tuhan takdirkan. Manusia hanya berkewajiban untuk berdoa seraya memohon petunjuk.


Dibalik musibah akan ada suatu hikmah tersendiri yang tak lain guna menata keimanan dan membangun kembali ketaqwaan. Musibah corona yang disebabkan oleh makhluk Allah berupa partikel kecil dan terus meregang nyawa, murni kekuasaan Allah. Sebagai kaum muslimin yang beriman sudah menjadi kewajiban untuk meningkatkan taqqarrub ilallah. Bila jalan telah buntu, maka sabar merupakan jalan penentu.


Sabar merupakan perilaku yang begitu dianjurkan dalam mengahadapi masalah, baik itu sakit atau kesulitan lainnya. Percayalah apa yang sedang diujikan terhadap kita termasuk corona bukanlah akhir dari segalanya. Sesungguhnya wabah ini hadir agar umatNya lebih mendekatkan diri hingga menjadi pembersih dosa. (Rina/Magelang)




Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih