BREAKING NEWS

Mari Ajarkan Sholat Sejak Dini


Mari Ajarkan Sholat Sejak Dini

Perintah untuk mengajarkan sholat kepada anak-anak kita sejak kecil, merupakan salah satu hal yang Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam tekankan. Bahkan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam juga memperbolehkan kita memukul anak kita jika meninggalkan sholat sedangkan usianya sudah sepuluh tahun. Tentu saja, pukulan yang dimaksud di sini bukanlah pukulan yang menyakiti, namun cukup memberikan pelajaran bagi anak kita agar tak meninggalkan sholat.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur tujuh tahun dan pukullah mereka ketika berusia sepuluh tahun (jika mereka meninggalkan shalat). Dan pisahkanlah tempat tidur mereka (antara anak laki-laki dan anak perempuan)."
(Hadits hasan diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 495; Ahmad, II/180, 187; Al-Hakim, I/197)

Tujuh tahun adalah usia yang tepat bagi anak kita mulai belajar tentang agama ini, karena pada usia tujuh tahun, seorang anak sudah bisa mulai membedakan mana yang baik dan buruk. Dan pada usia ini juga, seorang anak sudah bisa mulai menghafalkan bacaan doa dan bacaan-bacaan sholat.




Karena itu, sebagai orang tua kita harus mengajari anak-anak kita untuk mulai mengerti apa saja yang harus dilakukan seseorang untuk mendirikan sholat, bagaimana, bacaannya, serta mulai mempraktikkannya.

Begitu juga saat usia ini, hendaknya kita mengajak anak-anak kita untuk pergi sholat ke masjid. Agar kelak ketika dia sudah mulai besar maka dengan sendirinya dia akan melangkahkan kakiknya menuju rumah Allah ini.
Jikalau sudah terbiasa, niscaya anak-anak kita akan senantiasa melaksanakannya sampai masa tuanya. (Ahmad/Salatiga)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih