BREAKING NEWS

Sholat Ashar, Kenapa Harus Ditinggalkan?

Ancaman Bagi Yang Meninggalkan Sholat Ashar

Salah satu kewajiban sholat yang kadang terlupakan adalah sholat ashar. Sholat yang dilakukan dikala matahari mulai berada di sisi barat ini terkadang luput karena banyak hal. Terutama karena sedang perjalanan dari tempat kerja menuju rumah. Padahal sesungguhnya barang siapa meninggalkan sholat ashar, maka terhapuslah amalnya.


Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Bukhori no. 594.


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَرَكَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar, maka terhapuslah amalannya” (HR. Bukhari no. 594).

Terhapusnya amal bisa jadi keseluruhan ataupun hanya bagian tertetu saja menyesuaikan dengan kelalaian dalam meninggalkan sholat. Hal inilah yang dimaksud bagaimana sholat menjadi sumber utama penentu diterima tidaknya amal perbuatan manusia.


Meski tergolong bukan menentang Islam bagaimana sholat ashar bisa menghapuskan amal, karena kejelekan bisa menghapus amal kebaikan.dan begitu pula sebaliknya bahwa kebaikan dapat menghapus amal buruk. Hal ini diibaratkan saat kita bersedekah justru akan sia-sia karena disebutkannya bahwa dia sedekah, yang kemudian akan menyakiti hati sang penerima.


Selain itu tatkala kita meninggalkan sholat ashar maka kita seoalah-olah kehilangan harta dan keluarga. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana perasaan kita jika hidup tanpa sebuah keluarga tentu akan merasa kesepian. Harta juga menjadi bagian penting dalam kehidupan, apabila kita hidup tanpa harta maka kehidupan juga dilanda kesusahan. Begitu juga dengan amal sholeh yang kita kumpulkan justru akan menjadi hilang jika kita meninggalkan sholat wustho.


Allah selalu memberikan keringan bagi hamba-hambanya yang bertaqwa. Seperti halnya saat kita belum bisa menunaikan sholat ashar di awal waktu karena suatu alasan. Namun perlu diketahui janganlah kemudian kita meninggalkan sholat ashar karena waktunya yang hamper habis. Sesungguhnya sholat di akhir waktu sebelum magrib tiba dan hanya mendapatkan satu rakaat pun sudah dianggap sah.


Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ، فَقَدْ أَدْرَكَ الْعَصْرَ


Barangsiapa yang mendapati satu raka’at shalat ashar sebelum matahari terbenam, maka dia telah mendapatkan shalat ashar.” 


Meskipun demikian jika hal tersebut kemudian menjadi kebiasaan maka kita termasuk orang-orang yang munafik. Sebagaimana sholatnya orang-orang munafik yang mendirikan sholat secara cepat karena terburu-buru mengejar waktu sholat.


Sesungguhnya orang-orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu asharnya sungguh kita termasuk orang yang merugi. Kemulian sholat ashar ini hingga dijadikan sebagai salah satu nama Alqur’an yakni Al-‘Asr. Dalam surat tersebut telah dijelaskan bahwa orang-orang berada dalam kerugian jika tidak mengerjakan amal sholeh

Jadi begitu mulianya sholat ashar dalam kehidupan kita, kenapa harus ditinggalkan? (Rina/Magelang)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih