BREAKING NEWS

Hukuman Bagi yang Tidak Bisa Menjaga Lisan


Hukuman Bagi yang Tidak Bisa Menjaga Lisan

Nabi selalu mengingatkan jika bisa saja diantara umat muslim ada yang mengucapkan satu perkataan sepele namun dengan perkataan itu bisa menjerumuskannya ke neraka.

Selain itu, dalam hadist riwayat Tirmidzi no. 2314 dan Ibnu Majah no. 3970 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سُخْطِ اللَّهِ، لَا يَرَى بِهَا بَأْسًا، فَيَهْوِي بِهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ سَبْعِينَ خَرِيفًا

“Bisa jadi seseorang mengatakan satu kalimat yang dimurkai Allah, suatu kalimat yang menurutnya tidak apa-apa. Akan tetapi, dengan sebab kalimat itu dia jatuh ke neraka selama tujuh puluh tahun.”
Hadist tersebut dengan terang-terangan menjelaskan bahwa seseorang yang tidak bisa menjaga lisan walaupun hanya perkataan receh, dapat menjadi sumber amal buruk baginya.


Terkadang, tidak sedikit juga diantara kaum muslim yang meremehkan peringatan untuk tidak berkata kotor, kasar dan toxic.

Tidak sedikit juga dari kaum muslim yang tidak berpikir panjang sebelum membuat satu kalimat atau komentar yang kemudian berbuah penyesalan. Oleh sebab itu, maka benar dikatakan jika keselamatan seseorang dan baiknya akhlaq dapat diukur dari lisannya. (Sakinah/Sidoarjo)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 nasehatku.com. Designed by Nasehat Taujih